Tips Jualan di Marketplace Buat Para Pebisnis Pemula!

Tips market selling adalah hal yang dicari oleh banyak pebisnis untuk terus berkembang saat ini. Selain itu, melihat persaingan pasar saat ini, tips berjualan di pasar juga dapat membantu para pelaku bisnis untuk lebih bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Semua produk kini bisa dijual di marketplace untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Bahkan di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, para pelaku bisnis tidak perlu memiliki toko fisik atau warung pinggir jalan. Cukup gunakan toko online, seperti marketplace, sebagai lapak.

Bacaan Lainnya

Kembangkan bisnis Anda dengan menjual di Marketplace

Pola konsumsi kebanyakan orang yang berubah juga menjadi alasan para pebisnis masa kini mencari tips berjualan di marketplace. Dari kalangan muda hingga lansia, pola konsumsi beralih ke belanja online. Produk yang Anda beli pun sangat beragam, mulai dari gadget pribadi, snack atau makanan, pakaian, elektronik, kuota, kacang-kacangan, peralatan dapur, dan berbagai produk lainnya bisa Anda beli secara online.

Tips Jualan Marketplace untuk Pebisnis Pemula!

Sebagian mungkin masih bingung dan belum tahu apa itu marketplace. Istilah marketplace di sini merujuk pada sebuah media atau marketplace untuk transaksi jual beli secara online. Pernah dengar Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibi, Zalora, atau Tokopedia? Pasti sebagian besar orang, termasuk Anda, sudah tidak asing lagi dengan toko-toko online tersebut. Ini adalah contoh dari banyak pasar di Indonesia. Dalam pasar offline, pasar ini seperti mall atau pusat perbelanjaan, dengan banyaknya pedagang dan penjual yang menawarkan berbagai pilihan dan produk bisnis.

Mengapa Berjualan di Marketplace

Tidak ada perjalanan ke toko, tidak ada kemacetan lalu lintas ke mal, tidak ada antrean panjang, semua hanya dengan ponsel dan ibu jari Anda. Maka tidak heran jika semakin banyak orang yang beralih dari belanja offline ke belanja online. Maka dari itu, dari keadaan tersebut, sebagai pelaku usaha sudah selayaknya memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan bisnis secara online seperti sekarang atau di era online.

Pada dasarnya, ada banyak cara untuk menyusupkan bisnis Anda ke dunia online. Anda bisa berjualan melalui media sosial, membuka toko web, atau berjualan melalui marketplace. Manakah dari ketiga platform tersebut yang lebih menguntungkan untuk membuka toko online? Apapun sangat mungkin menjadi ladang yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Anda bisa mulai memasarkan produk Anda dengan ketiganya jika Anda mau. Namun, dari perspektif keamanan dan kepercayaan, pasar lebih baik.

Inilah awal munculnya pasar untuk membujuk masyarakat yang masih ragu untuk berbelanja online karena alasan keamanan, saat itu pasar hadir untuk memberikan solusi terbaik – keamanan transaksi online – baik kepada Pellapack maupun pembeli. Semua transaksi dijamin keamanannya oleh penyelenggara marketplace itu sendiri.

Pembayaran dari pembeli diterima dan disimpan di pasar sebelum penerimaan sebenarnya oleh penjual. Oleh karena itu, untuk menerima uang, penjual harus mengirimkan barang terlebih dahulu kepada pembeli. Hanya setelah pembeli menerima dan mengkonfirmasi barang, jumlah transaksi akan ditransfer ke saldo rekening penjual pasar. Sehingga pembeli tidak perlu ragu memikirkan barang yang belum dikirim atau takut tertipu.

Tips Berjualan di Marketplace

Mendirikan dan memiliki toko online di Marketplace tidaklah sembarangan. Butuh strategi dan perencanaan yang matang. Seperti halnya Anda ingin membuka toko batu bata atau warung pinggir jalan, tentunya Anda membutuhkan strategi dan persiapan. Setiap jenis produk atau bisnis perlu mengembangkan strategi. Hal yang sama berlaku untuk toko online melalui marketplace. Berikut adalah beberapa tips untuk menjual di Marketplace. Ini akan memberi Anda pasar yang lebih luas untuk dijangkau.

1. Pengaturan dan pemilihan nama toko

Tips berjualan di marketplace pertama Anda adalah menyiapkan dan memilih nama toko yang tepat. Ini adalah langkah awal untuk membuka peluang bisnis dengan penjualan yang berlipat ganda. Nama toko merupakan salah satu aspek yang penting dan berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis, terutama dalam masalah branding. Oleh karena itu, Anda tidak dapat menempatkan nama toko atau merek bisnis sendiri. Tentukan nama toko yang menarik, mudah diingat, dan benar-benar mewakili identitas merek bisnis Anda. Berikut beberapa kriteria penting untuk menentukan nama toko online Anda di marketplace:

– mudah dieja

– kurang rentan terhadap kesalahan ketik

– Jika fokus Anda adalah pemasaran merek, pastikan nama toko yang Anda gunakan mencantumkan nama merek Anda

– Hindari penggunaan spasi atau karakter ganda

– Jika Anda fokus pada pemasaran segmen pasar, nama toko dapat menjadi segmen pasar + nama toko

– Tidak harus selalu menggunakan kata ‘mart’, ‘olshop’ dan ‘store’.

– Secara konsisten menggunakan nama yang sama baik di situs web, media sosial, atau pasar Anda

2. Tips Berjualan di Marketplace: Buat Toko

Setelah Anda memiliki nama toko yang bagus, langkah selanjutnya adalah membuat akun di platform marketplace atau situs web e-commerce untuk mulai menyiapkan toko online Anda. Metodenya sangat sederhana. Anda hanya perlu memiliki akun email aktif atau nomor handphone yang siap mendaftar dan membuka toko online Anda di marketplace. Shopee, Bukalapak dan Tokopedia saat ini menjadi tiga marketplace yang paling populer dan banyak diakses para pecinta belanja online di Indonesia. Ketiganya adalah primadona pelapak online karena persyaratannya mudah dan aman. Salah satu hal terpenting adalah sangat ramah pengguna, mudah dinavigasi, dan memiliki banyak lalu lintas.

3. Riset kata kunci

Tip penjualan terakhir di pasar untuk memulai toko online adalah penelitian kata kunci. Ini adalah sesuatu yang sering dilewatkan oleh paket pella pemula, membuka toko dan kemudian dengan bebas mengunggah produk. Tanpa penelitian dan persiapan yang tepat. Kami sangat menyarankan untuk meneliti kata kunci dan menamai produk Anda agar warung makan atau toko online Anda dapat dengan cepat mendapatkan lebih banyak pembeli. Riset kata kunci memudahkan calon pembeli online untuk menemukan produk Anda.

Jika produk yang Anda jual termasuk dalam kategori makanan, carilah kata yang lebih spesifik.Misalnya, bisnis Anda Penjualan keripik bass len, lalu kata kunci basreng. Lihat produk apa saja yang ditampilkan dan amati bagaimana produk dipilih atau diberi nama. Anda bisa belajar dari produk yang ditampilkan di halaman pertama. Apakah ada kata tambahan seperti pedas, murah, gurih, dll?Pastikan foto produk Anda juga menarik paket chip yang menarik.

Itulah tips jualan marketplace untuk pemula yang bisa Anda terapkan. Pelajari apa yang terjadi dan pastikan Anda mengikuti tren terbaru. Karena perubahan terjadi sangat cepat di dunia digital. Terus tumbuh untuk meningkatkan kelas bisnis Anda. Juga, bagikan artikel ini dengan teman Anda yang lain untuk membantu lebih banyak orang mengembangkan bisnis mereka secara online.

Untuk postingan menarik tentang tips pemasaran lainnya, BisnisUKM.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *