Rintis Usaha Karena Keprihatinan Harga Salak yang Murah!

Dulu salak harganya mahal, jadi cukup dengan pergi haji ke Mekkah, kuliah anak, dan berjualan salak. Sekarang hasil Salak tidak dapat diandalkan. Dulu 1 kg salak bisa membeli 3 kg beras, tapi sekarang 3 kg salak tidak bisa membeli 1 kg beras.

Hal inilah yang mendorong pemilik Salak Mas Ibu Siti Mubarokah untuk menciptakan produk olahan salak seperti manisan salak dan keripik salak. Kami berharap proyek yang dimulai tahun 2017 ini dapat memberdayakan masyarakat sekitar dan menyerap tenaga kerja lokal, terutama ibu-ibu tetangga.

Salak yang terkumpul disortir berdasarkan ukuran. Dengan modal, tanaman Zarakka dipupuk dengan baik dan hasil maksimal. Nah, kasihan para petani kecil ini bagi mereka yang bermodal kecil. Mungkin karena menanam buah salak adalah pekerjaan dan pemeliharaan yang tidak maksimal, sehingga hasil buahnya juga rendah, menjadi lebih murah dan dibuang begitu saja.

Saat pertama kali mencoba membuat manisan salak, banyak kendala. Tidak ada bahan pengawet khususnya. Sebelumnya sering gagal karena mengandung alkohol dan kemasannya sering pecah. Untuk pengemasan masih kurang maksimal. Selang beberapa waktu, kualitas kemasan dan produk Salak Mas meningkat dan disesuaikan dengan segmen pasar sasarannya.

BU Siti juga berharap keripik salak ini menjadi salah satu produk unggulan di daerah Sleman atau Yogyakarta. Sama seperti Malang, jika tidak pergi ke Malang dan membeli keripik apel, akan terasa ada yang kurang. Semoga kedepannya bisa sebaik Bakpia Jogja.

Bu Siti juga menganggap Google Bisnisku sangat membantu dalam hal teknologi. Apalagi di masa pandemi kemarin, wisatawan pesan online, bayar dengan scan barcode, dan barang dikirim lewat jasa transportasi online.

Saat ini, produk Sarakmasu tidak hanya dijual di kota-kota lokal, tetapi juga di tingkat nasional. Tentunya ke depan kami berharap dapat menembus pasar ekspor dengan kemasan dan proses produksi yang lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *