Peluang Usaha Ramadan Makanan Timur Tengah “Kebab”

Ramadhan semakin dekat. Temui orang-orang yang mencari peluang bisnis Ramadan. Ide bisnis Ramadhan akan kita bahas dalam beberapa hari ke depan. Jika bulan Ramadan selalu identik dengan makanan takjil yang berbeda, bukan hal yang baru.

Bacaan Lainnya

Mulai dari jajanan pasar, jajanan tradisional dan jajanan kekinian. Salah satunya adalah hidangan khas Timur Tengah bernama kebab. Kebab tentu sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Makanan ini di Turki dikenal sebagai tusuk sate dan hidangan panggang. Kebab ini menyajikan daging giling panggang dengan sayuran dan saus mayones dalam kulit tortilla.

Daging kebab biasanya daging sapi, kambing, ayam atau ikan. Oleh karena itu, rasanya sangat enak, harganya terjangkau dan ramah di kantong. Tidak ada yang bisa menolak kelezatan masakan yang begitu nikmat ini. Penggemarnya tidak hanya anak muda, tetapi juga anak-anak dan orang dewasa.

Kenalan dengan kebab masakan Timur Tengah

Produk kebab yang ditawarkan saat ini hadir dalam berbagai ukuran. Mulai dari kebab mini hingga ukuran besar dan jumbo. Rata-rata konsumen yang belum pernah makan kebab memilih ukuran mini atau regular untuk mencoba kelezatan kebab tersebut.

untuk memulai bisnis Yang pertama adalah memilih lokasi bisnis yang strategis. Misalnya di pinggir jalan, di depan toko atau mini market, di sekitar rumah, dll. Harga kebab bisa dibilang cukup tinggi, tapi juga tergantung ukurannya. Harga berkisar dari Rp 7.000 hingga Rp 19.000 tergantung topping dan ukuran tortilla. Biaya tambahan sebesar Rp 1.500 hingga Rp 2.500 akan dikenakan untuk penambahan topping telur atau keju.

Oleh karena itu, pilihlah bisnis dengan tingkat ekonomi yang cukup tinggi agar daya beli konsumen tinggi. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha kebab antara lain gerobak dan etalase, pemanggang daging, penggorengan, kompor, dan peralatan lainnya seperti penjepit makanan dan berbagai wadah untuk saus dan sayuran.

resep kebab sederhana

bahan:

  • roti tipis cukup untuk kulit kebab
  • daging sapi secukupnya
  • daun selada pilihan Anda
  • Mentimun diiris sesuai keinginan
  • Iris tipis daun bawang sesuai selera.
  • mayones sesuai keinginan
  • saus cabai sesuai keinginan
  • Saus tomat pilihan Anda

Bagaimana membuat:

  1. Panggang daging sapi yang diiris tipis hingga matang. (Bumbu dibuat sendiri).
  2. Panggang roti di pemanggang roti, tapi jangan sampai terlalu kering. Keluarkan dan taruh di piring.
  3. Tambahkan selada, timun, bawang merah, daging sapi panggang, mayonaise, saus sambal dan saus tomat sesuai selera.
  4. Lipat roti menjadi dua. Kebab siap disajikan.

Kebab juga bisa dibuat dengan cara menyusun irisan daging, sayuran, dan saus di atas roti kebab, melipat roti, dan memanggang.

Peluang Bisnis Ramadhan “Kebab”

konsumen

Dahulu kebab hanya disantap oleh masyarakat keturunan Timur Tengah, namun kini menikmati kebab juga digemari oleh masyarakat dari negara lain, seperti masyarakat Indonesia. Banyak orang yang menyukai menu eksotik ini, terutama para remaja seperti mahasiswa.

keuntungan bisnis

Operasi Bisnis Kebab sangat mudah. Ternyata kebabnya enak, karena hanya bahan mentah setengah jadi yang dimasak. Selain itu, minat masyarakat yang besar terhadap masakan kebab juga memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha ini. Rata-rata counter kebab di pinggir jalan atau di pusat perbelanjaan selalu ramai dikunjungi konsumen.

kurangnya usaha

Karena menu kebab merupakan makanan baru bagi masyarakat Indonesia, sebagian besar konsumen menganggap makanan ini sebagai makanan yang sedang trend saat ini, jika tidak dapat mempertahankannya, cobalah dan jangan pernah membelinya lagi.

pemasaran kebab

Anda dapat mempromosikan bisnis kebab Anda dengan menampilkan gerobak berwarna cerah dan berbentuk unik yang berbeda dari gerobak jajanan lainnya. Sehingga siapapun yang melewati jalan ini akan tertarik untuk mampir dan membeli kebab.

untuk mendukung promosi, tambahkan nama bisnis Anda dan teks yang menunjukkan jenis produk yang dijual di keranjang atau etalase yang digunakan oleh bisnis Anda. Jika mau, tambahkan banner atau spanduk untuk mempublikasikan keberadaan bisnis kebab Anda.

Selain itu, menu kebab dapat disajikan pada acara kumpul keluarga, ulang tahun, pernikahan, dan acara lainnya, sehingga Anda dapat melayani pemesanan. Selain meningkatkan penjualan, juga memungkinkan pemasaran dari mulut ke mulut dengan tamu undangan menikmati kebab mereka.

kunci kesuksesan

Perhatikan kesegaran dan kebersihan sayuran dan jangan tinggalkan barang kotor tanpa pengawasan. Selain itu, kebersihan peralatan dan tempat usaha juga harus dijaga agar konsumen tidak ragu untuk membeli produk tersebut.

Orang Indonesia umumnya menyukai daging yang dimasak dengan baik. Jadi sesuaikan menu kebab Anda dengan selera orang Indonesia. Bagi yang tertarik dengan bisnis makanan ‘kebab’ di Timur Tengah, kami berikan analisis ekonomi yang bisa dijadikan gambaran bisnis.

analisis bisnis

Asumsi
Masa pakai gerobak 5 tahun 
Masa pakai peralatan masak 3 tahun 
Masa pakai pemanggangan daging 4 tahun 
Kemasan kebab harga 18.000 isi 50 pcs
Harga 1 kg daging sapi 90.000  
Harga mayonaise 105.000 3 liter 
Harga saus tomat 80.000 5,5 liter 
Harga saus pedas 93.000 5,5 liter
Biaya Investasi 
Gerobak                                  Rp  5.600.000
Pemanggang daging kebab 2kg              Rp  2.100.000
Peralatan masak                          Rp    600.000 +
Total                                    Rp  8.300.000

*Biaya penyusutan 1/12 x Rp 8.300.000 = Rp 691.666

Biaya Operasional per Bulan
1. Biaya tetap
Penyusutan Alat                          Rp    691.666
Sewa tempat & listrik                    Rp    500.000 +
Total                                    Rp  1.191.666

2. Biaya variable per bulan 
Daging sapi 1,5kg                       Rp     150.000
Bahan lain                              Rp     278.000
Kemasan kebab Rp 28.000 x 12 (600 pcs)  Rp     336.000
Gas 3kg x 2                             Rp      46.000
Transportasi                            Rp     150.000 +
Total                                   Rp     960.000

Total biaya operasional                 Rp   2.151.666

Omzet per Bulan
Kebab mini(Rp 7.000)x10prs x 30         Rp   2.100.000
Kebab regular(Rp 14.000)x7prs x 30      Rp   2.940.000
Kebab jumbo(Rp 19.000)x3prs x 30        Rp   1.710.000 +
Total                                   Rp   6.750.000

Laba per Bulan
Total omzet – biaya operasional
( Rp 6.750.000 – Rp 2.151.666)=          Rp   4.598.334

sekian pembahasan kita peluang bisnis ramadhan Makanan Timur Tengah bernama kebab ini. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Semoga berhasil dan semoga berhasil.

Kami akan mengirimkan informasi menarik tentang peluang bisnis dan lainnya. BisnisUKM.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *