Panen Cuan Dengan Usaha Kuliner Rendang Ditengah Pandemi

Memilih bisnis memasak Memiliki Rendang sebagai usaha sampingan di masa pandemi sepertinya ide yang cerdas. Rendang sendiri merupakan makanan khas Minangkabau. Peringkat gourmet populer di kalangan turis asing. Faktanya, rendang adalah makanan terlezat di dunia. Fakta ini sungguh mengejutkan mengingat kuliner pedas khas Indonesia ini digandrungi di seluruh dunia.

Bacaan Lainnya

Mampu mengalahkan kelezatan makanan negara lain menunjukkan bahwa kelezatan rendang sangat cocok dengan selera setiap orang. Fakta menarik lainnya adalah rendang ini bertahan selama beberapa minggu. Fakta ini menjadikan rendang makanan pilihan sebagai makanan siap saji yang paling sehat.

Peluang Usaha Masakan Rendang

Pandangan

Hidangan khas Indonesia, rendang sangat diidolakan baik oleh masyarakat kita maupun mancanegara. Dari situlah rendnag bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan besar. Melihat beberapa fakta di atas, pangsa pasarnya tentu sangat luas. Bahkan di mancanegara pun belum banyak yang menjual makanan ini, sehingga masih sangat terbuka lebar.

konsumen

Memang sangat menarik melihat banyaknya penggemar makanan Indonesia di Minangkabau. Begini, orang-orang yang seperti ini dijamin berasal dari berbagai kalangan dan kalangan. Sekarang, siapa yang tidak suka rendang?

Tidak ada yang bisa menyangkal kelezatannya. Kelezatannya diakui di seluruh dunia. Jika setiap orang Indonesia menyukai rendang, maka bisa dibayangkan berapa banyak lagi konsumen yang bisa Anda dapatkan jika bergabung dengan bisnis rendang ini. Belum lagi apakah Anda dapat memperluas bisnis Anda dan menjual ke pasar internasional.

cacat

Rendang dibuat dengan banyak santan. Di sisi lain, teksturnya juga lembab sehingga tidak bisa disimpan lama. Menyimpannya terlalu lama pada akhirnya akan membuatnya basi. Solusinya jangan terlalu banyak membuat rendang jika pesanannya tidak banyak.

keuntungan

Produk olahan daging sapi bumbu ini banyak peminatnya, dan bisnis rendang sangat menjanjikan. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain. Banyak orang yang mengenali kelezatan rendang ini. Bahan bakunya pun sangat mudah ditemukan di sekitar. Inilah kelebihan bisnis yang satu ini. Potensi yang sangat bagus ini akan sangat mengecewakan jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Pangsa pasar dan peluang yang sangat luas. Prospeknya yang luas memudahkan untuk mengembangkannya menjadi bisnis besar.

promosi

Kenikmatan Masak Rendang memang banyak peminatnya, namun pengenalan produk juga perlu diperkuat. Hanya untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda menjual rendang. Cara termudah adalah meninggalkannya di supermarket atau toko. Anda juga bisa menawarkannya langsung ke tetangga, teman, dan kerabat Anda. Padahal, banyak pesaing dalam bisnis rendang.

Namun, penting juga untuk dicatat bahwa metode produksi bervariasi dari orang ke orang. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri tergantung orang yang membuatnya dan kecerdikannya. Jadi, buatlah promosi beli 2 gratis 1 untuk menarik konsumen. Dengan begitu, konsumen akan mengetahui rasa dan kualitas rendang. Jika rasanya cocok, Anda pasti akan mengulanginya.

Silakan posting ulasan setelah Anda puas dengan rasa, kualitas, dan layanan. Yang paling mengesankan, strategi dari mulut ke mulut berhasil. Banyak pelanggan baru datang dari review terbaik dari konsumen sebelumnya. Kemudian bangun layanan dan produk berkualitas untuk mendorong penjualan.

Setelah itu membagikan selebaran Anda juga bisa memasang spanduk di tempat-tempat ramai. Pemasaran melalui media sosial, pasar, dan periklanan semakin mudah. Kami meningkatkan pangsa pasar kami dengan mengandalkan pemasaran online. Hal ini juga mudah dikenali oleh semua konsumen di semua wilayah dan negara.

Jika Anda memiliki strategi dan trik pemasaran yang tepat, Anda mungkin tidak dapat meningkatkan penjualan Anda. Karena pangsa pasarnya yang besar, bahkan bisa kebanjiran order. Tidak diragukan lagi aliran pesanan akan semakin cepat, apalagi jika kita bisa melebarkan sayap ke pasar internasional.

resep rendang

bahan:

  • 2 kg daging sapi
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 4 serai
  • santan 4 butir kelapa
  • 1800ml air
  • 5 sendok makan minyak goreng

Rempah-rempah :

  • 25 siung bawang merah
  • 20 siung bawang putih
  • 20 paprika merah
  • Kuning 4cm
  • Lengkuas 3cm
  • Kunyit 4cm
  • 10 biji kemiri
  • 4 asam
  • 4 siung
  • 5 butir kapulaga hijau
  • garam, merica, gula

Metode memasak :

  1. Pertama cuci daging sapi sampai bersih dan tiriskan. Lalu potong dadu.
  2. Selain itu, siapkan panci dengan menggiling semua bumbu. Kemudian panaskan minyak dan masukkan bumbu halus. Kemudian tambahkan daging sapi.
  3. Tambahkan santan dan semua bahan dan didihkan dengan api besar. Aduk terus sampai merata.
  4. Setelah mendidih, kecilkan api dan didihkan sambil diaduk sampai minyak keluar dari santan.
  5. Kemudian kecilkan api kembali dan aduk sesekali agar rendang tidak gosong. Lalu masak rendang hingga kering.
  6. Jika ingin rendang benar-benar kering, dibutuhkan waktu sekitar 8 jam.

analisa ekonomi

Analisa Ekonomi
Asumsi isi 1 porsi rendang berat 250 gram, jadi untuk 2kg daging menjadia 8 porsi rendang. 

Modal awal
Daging sapi 2 kg                            Rp 190.000
Bumbu                                       Rp  30.000
Santan 4 butir kelapa                       Rp  32.000
Minyak goreng 5 sdm                         Rp   5.000
Kemasan vacumpack (15x20)                   Rp  45.500 
Gas 3kg  Rp 23.000 x 4                      Rp  92.000 
Total                                       Rp 394.000                   

Total modal Rp 257.000 x 30 hari = Rp 11.835.000 per bulan

Biaya penyusutan alat selama pemakaian 1 tahun
= 1/12 x Rp Rp 11.835.000
= Rp 986.250


Pendapatan
Asumsi per harinya bakso aci pedas terjual mencapai 8 porsi dengan harga tiap porsi Rp 90.000

Per harinya = 8 x Rp 90.000 = Rp 720.000
Per bulannya = Rp 720.000 x 25 hari = Rp 18.000.000

Laba bersih 
Laba bersih adalah pendapatan dikurangi modal awal
Jadi, laba bersih Rp 18.000.000 – Rp 11.835.000  = Rp 6.165.000

Ini kesempatan seperti itu bisnis memasak Rendang yang bisa dijadikan referensi. Semoga berhasil dan semoga berhasil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *