Live Shopping, Era Baru Promosi Produk

Belanja langsung adalah kegiatan di mana penjual menyiarkan belanja langsung. Konsumen yang disebut juga penonton dapat berkomunikasi mengenai produk yang dijual, mulai dari harga hingga bahan yang digunakan. Platform yang disediakan memungkinkan penjual untuk mendeskripsikan secara langsung produk yang dijual. Konsumen juga dapat memberikan umpan balik dengan mengajukan lebih banyak pertanyaan tentang produk.

Bacaan Lainnya

Siaran belanja ini biasanya tidak berlangsung lama. Penjual memiliki batas waktu tertentu. Oleh karena itu, proses jual beli cepat dan singkat. Keuntungan lain dari belanja langsung adalah variasi produk yang lebih banyak untuk dijual.

Komunikasi yang biasanya terjadi saat konsumen dan penjual bertemu di toko brick-and-mortar ditutupi dengan adanya live shopping. Belanja online langsung adalah cara baru bagi bisnis untuk membangun interaksi dengan konsumen mereka.

Fenomena belanja langsung adalah hasil dari peningkatan aktivitas masyarakat di internet dan pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari setahun. Menurut data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)Sepanjang tahun 2020, aktivitas belanja online masyarakat Indonesia meningkat antara 25% hingga 30%.

Data di atas dapat digabungkan dengan data berikut: Laporan Digital 2021 Disebutkan bahwa 98,5% pengguna internet cenderung menonton video. Angka yang tinggi berarti peluang untuk mengubah aktivitas belanja langsung Anda menjadi peluang untuk memamerkan produk bisnis Anda.

Dihitung bahwa pemirsa video langsung di media sosial tumbuh 113% setiap tahun. Hal ini menandakan adanya pergeseran pola perilaku konsumen, khususnya di media sosial. Hari ini, saya lebih menikmati menjelaskan dalam bentuk Vade daripada menulis. Banyak platform yang berlomba-lomba menawarkan fitur live shopping ini guna memperkuat basis penjualan mereka dan memenuhi kebutuhan masyarakat di Internet.

Live streaming untuk menjual produk adalah strategi pemasaran baru yang belum pernah dicoba oleh banyak bisnis. Kegiatan ini merupakan trinitas dari promosi, interaksi, dan transaksi. Platform marketplace pertama yang mencoba metode ini adalah Lazada pada tahun 2019.Platform ini juga mencoba mengembangkan belanja streaming selama pandemi. Hasilnya, penjualan meningkat hingga 45%.

Langkah Lazada diikuti marketplace lain seperti Shoppe, Bukalapak, dan Tokopedia. Hanya 3 platform digital yang mengadopsi konsep live shopping? Tentu saja tidak. Baik Instagram maupun Facebook memiliki fitur “live” yang juga bisa digunakan untuk live shopping. Dengan semakin banyaknya platform digital yang berpartisipasi dalam skema bisnis ini, tidak dipungkiri daya beli masyarakat juga akan meningkat.

Pelaku bisnis harus bisa melihat produk apa saja yang saat ini ‘ada’ di masyarakat. Misalnya, sepanjang tahun 2020, produk kecantikan menjadi tren live streaming yang paling banyak diminati, diikuti oleh produk kesehatan. Data ini dapat menjadi peluang yang baik bagi para pelaku bisnis UMKM tidak hanya untuk mengembangkan bisnisnya, tetapi juga untuk berpartisipasi di dalamnya. ekosistem digital.

Untuk bisnis, keuntungan menggunakan sistem belanja langsung adalah mereka dapat mengukur antusiasme masyarakat terhadap produk mereka. Jumlah penonton, termasuk bidder, akan langsung muncul di sidebar. Selain itu, seller juga menerima feedback berupa komentar. Komentar ini mungkin masukan dan kritik penjual.

Manfaat kedua adalah metode belanja ini menciptakan interaksi yang lebih personal antara penjual dan pembeli. Penjual dapat menggunakan lelucon mereka untuk menghidupkan suasana belanja langsung, sehingga pengalaman berbelanja tidak pernah terasa membosankan.

Selain itu, penjual memiliki banyak pilihan saat melihat penawaran mereka. Penjual dapat menggunakan lokasi atau cerita yang berbeda untuk setiap belanja langsung. Ini akan memberi audiens Anda perasaan baru saat berbelanja langsung.

Keunggulan yang keempat adalah konsumen dapat langsung melihat produk yang dijual. Saat berjualan online, tantangan bagi konsumen adalah memahami bagaimana bahan, warna dan ukuran produk yang ditawarkan. Melalui live shopping, pembeli dapat meminta penjual untuk melihat detail produk.

Selain itu, belanja langsung dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas sambil meningkatkan pengikut akun Anda. Semakin populer belanja langsung dan penjualan produk Anda, semakin banyak keterlibatan yang akan Anda dapatkan. Belanja langsung adalah kesempatan untuk memamerkan toko online Anda ke publik yang lebih luas.

Bisakah seseorang mengadakan belanja langsung?Jawabannya adalah ya. Namun pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang ingin Anda capai dari live shopping itu sendiri?Pebisnis harus memiliki tujuan yang jelas jika ingin mempromosikan produknya. Jadi meskipun Anda memulai belanja langsung, Anda memerlukan konsep yang jelas.

Ada beberapa peringatan penting bagi perusahaan yang ingin menggunakan fitur ini saat memamerkan produknya.

1. Tujuan live streaming sudah jelas

Bahkan jika Anda mengadakan siaran belanja, pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas untuk membuat banyak orang tertarik. Tujuan dibentuk dari tema yang ingin diambil. Misalnya, tema minggu ini adalah toko barang bekas, dan sasaran Anda adalah menjual pakaian bekas berkualitas. Tentunya sangat diminati konsumen yang ingin membeli pakaian berkualitas dengan harga terjangkau.

2. Buat publikasi beberapa hari sebelumnya

Perencanaan yang cermat adalah kunci untuk pengalaman belanja langsung yang sukses. Saya akan menerbitkannya dalam beberapa hari. Masukkan konsep aktivitas Anda, waktu siaran langsung belanja Anda, dan jenis produk yang ingin Anda jual. Dengan begitu, pemirsa yang berpartisipasi dalam siaran menjadi konsumen potensial.

3. Gunakan background video yang bagus

Pencahayaan penting saat membuat video langsung. Pencahayaan yang baik memungkinkan audiens untuk melihat produk dengan lebih jelas. Ini bisa memberi Anda gambaran tentang warna dan bentuk produk yang pas dengan cahaya yang cukup.

4. Bangun interaksi

Salah satu perbedaan antara belanja online dan belanja offline adalah interaksi. Menghadirkan pengalaman komunikasi yang menarik dengan konsumen. Selain dijelaskan dengan baik, lelucon sederhana juga bisa digunakan untuk membangun hubungan baik dengan audiens Anda. Jadi belanja langsung Anda tidak akan pernah membosankan.

5. Dari diskon hingga promosi

Tidak ada salahnya memberikan diskon kepada konsumen, bukan? Jika Anda baru memulai bisnis, diskon dan promosi adalah kunci agar produk Anda terwakili secara lebih luas. Selain itu, promosi dan diskon dapat menarik pengunjung ke akun Anda.

Sebagai catatan, diskon dan promosi tidak harus berjalan setiap saat. Ini memberi Anda gambaran tentang seberapa besar kedua efek tersebut memengaruhi perjalanan bisnis Anda.

Saat berbelanja langsung, jangan lupa bahwa Anda dapat melakukan Q&A dengan audiens Anda.

Untuk informasi menarik seputar bisnis UMKM lainnya, kunjungi BisnisUKM.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *