Keindahan Pantai Tikus, Pulau Bangka

Keindahan Pantai Tikus di Pulau Bangka

Keindahan Pantai Tikus, Pulau Bangka – Menelisik nama-nama pantai yang ada di Indonesia kebanyakan mengambil nama sesuai dengan di mana kawasan pantai tersebut berada. Namun ketika Anda menuju ke sebuah pantai yang ada di pulau Bangka, maka nama pantai satu ini bukan berdasar nama kawasan.

Tentang Pantai Tikus Pulau Bangka

Seperti yang kita ketahui, pulau Bangka termasuk pulau yang kaya dengan wisata pantai. Salah satu pantai yang memiliki nama unik dan berbeda adalah Pantai Tikus. Mendengar nama Pantai Tikus di Pulau Bangka ini, mungkin Anda akan sedikit bergidik. Sebuah pantai yang memiliki tikus? Tentu saja tidak.

Nama pantai ini disebut Tikus dikarenakan di sekitar kawasan pantai ini memiliki banyak sekali jalan setapak. Jalan setapak yang berukuran kecil ini sering dianggap orang sekitar sebagai jalan tikus. Sehingga tersebutlah nama pantai di pulau Bangka ini dengan nama Tikus.

Kelebihan Wisata di Pantai Tikus

Berwisata ke pantai yang bernama Tikus ini dapat dikatakan Anda dapat melihat sebuah pagoda vihara. Pagoda Vihara terdapat di bagian depan pantai ini. Sehingga selagi Anda berwisata ke pantai ini, dapat langsung menuju ke Pagoda Vihara.

Kemudian cobalah untuk naik ke Pagoda Vihara Pantai Tikus. Di atas pagoda tersebut Anda dapat melihat pesona dari wisata ini secara utuh. Wisatawan dapat pula menyusuri sekitar jalan setapak di antara bebatuan granit yang ada di pantai ini.

Pantai yang juga disebut sebagai pantai pagoda ini memiliki pesona yang cantik dan dapat dikatakan objek wisata ini adalah pantai yang terawat. Hamparan pasir pantai bersih membuat Anda dapat duduk-duduk santai sambil merasakan angin pantai yang bertiup sepoi-sepoi.

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampui. Pepatah tersebut dapat sebagai tips Anda ketika berwisata di pantai bernama Tikus. Sekali menuju pantai yang memiliki Pagoda Vihara ini, Anda dapat menyambangi beberapa pantai lain yang ada di pulau Bangka, tepatnya di kawasan kota Sungailiat, seperti pantai Tanjung Pesona dll.

Sebagai informasi tambahan, ternyata dengan Anda berwisata ke pantai ini, tidak hanya dapat menikmati pantai maupun Pagoda Vihara. Namun Anda juga dapat menuju ke perkebunan mangga yang terletak tidak jauh dari pantai Tikus.

Letak

Pantai yang dikenal pula dengan pantai Nirwana ini terletak di dua kawasan yang ada pulau Bangka. Tidak jauh dari pantai Tanjung Pesona dan pantai Rebo. Tepatnya di jalan Batin Tikal Air Ruay, Sungailiat, pulau Bangka. Pantai ini terbilang dekat jalan raya sehingga banyak wisatawan yang mudah menemukan letak dari Pantai Tikus.

Cara Menuju ke Pantai Tikus

Untuk menuju ke pantai bernama tikus, maka Anda ke jalan lintas timur. Jarak tempuh yang harus dituju kurang lebih sepuluh menit dari kota Pangkalpinang. Jika Anda dari kota Sungailiat, maka waktu yang dapat ditepuh kurang lebih seperempat jam. Tenang saja, jika Anda bingung dengan arah yang dituju, maka tanya saja dengan warga lokal setempat.

Fasilitas dan Akomodasi Wisata di Pantai Tikus

Fasilitas yang tersedia di pantai ini antara lain berjalan-jalan di sekitar bibir pantai. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan pantai dengan bermain air. Saat air laut sedang tidak pasang dan ombak kecil, maka nikmatilah wkatu wisata Anda dengan bermain air di pantai cantik di Bangka ini.

Kemudian Anda juga dapat berjalan melewati bebatuan granit yang ada. Selain itu, bagi Anda yang ingin jalan-jalan di tempat wisata ini, maka wisatawan akan sangat puas. Tidak hanya di sekitar bibir pantai, wisatawan juga dapat berjalan-jalan di sekitar Pagoda Vihara Pantai Tikus.

Kawasan pantai ini juga terdapat hutan akasia. Bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, maka tidak perlu kesulitan untuk menemukan tempat parkir. Begitu juga bagi Anda yang datang bersama rombongan dengan naik bis.

Wisata di Pulau Bangka lainnya: Pantai Parai Tenggiri dan Gua Maria Belinyu

Karena tempat parkir yang ada di pantai ini cukup luas. Sebagai akomodasi, bagi Anda yang merasa lapar, maka tidak perlu kesulitan untuk menemukan warung makan. Beberapa olahan makanan hasil laut begitu mudah untuk ditemukan. Beberapa penginapan dengan harga terjangkau dapat dengan mudah Anda jumpai di kawasan Pantai Tikus di Pulau Bangka ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *