Digitalisasi telah membawa dampak besar di kehidupan sehari-hari manusia. Tidak terkecuali dalam hal perdagangan, terutama proses jual-beli antara produsen dan konsumen. Sering kali kita menemui di sebuah produk tertentu, terdapat barcode dalam produknya. Bagi Anda yang kini tengah memulai berbisnis, memiliki barcode produk tentu sangat penting. Cara membuat barcode produk sangatlah mudah.

Pengertian Barcode

5 Cara Membuat Barcode Produk Bisnis

Barcode atau bisa juga disebut dengan kode bar ini merupakan data optik berbentuk garis/bar yang dapat dibaca oleh mesin. Pada umumnya barcode merupakan susunan garis vertikal hitam dan putih yang sederhana dengan ketebalan berbeda. Fungsi dari barcode sendiri adalah untuk membedakan suatu jenis produk dengan produk lainnya.

Asal muasal keberadaan barcode di dunia digital sendiri, dimulai  pada tahun 1930 berdasarkan penelitian Wallace Flint pada tesisnya. Akan tetapi sangat disayangkan pada penelitian tersebut belum dapat direalisasikan

Kemudian dua dekade setelahnya, Norman Joseph dan Woodland dari Drexel Institute of Technology menemukan cara paling tepat untuk menyortir produk-produk grosir.  Penelitian mereka membuahkan hasil yaitu penyortiran barang dengan menggunakan kode morse simbol titik serta garis.

Bagaimana Cara Membuat Barcode Produk?

Untuk membuat barcode atau QR code, Anda perlu menggunakan alat yang dapat mengubah simbol (huruf dan angka) menjadi sebuah kode. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi atau website untuk membuat barcode. Berikut adalah beberapa aplikasi dan website yang bisa diandalkan dalam pembuatan barcode.

1.      Barcode Generator

Tidak hanya dapat membuat barcode, website Barcode Generator juga dapat dijadikan sebagai sarana mempelajari berbagai ragam jenis barcode di berbagai instansi. Contohnya, di Amerika terdapat jenis barcode khusus yang hanya digunakan untuk produk transportasi bernama “Planet”. Selain itu, dengan website ini Anda dapat pula membuat QR code.

2.      Barcode Graphics

Apabila Anda menanyakan mengenai website paling populer untuk membuat barcode, maka Barcode Graphics adalah jawabannya. Website ini memang khusus digunakan untuk membuat barcode. Penggunanya dapat mengubah tulisan menjadi sebuah kode tertentu. Serta, dapat pula mengatur ukuran barcode agar terhindari dari cetakan yang buruk.

3.      QR Code Reader (aplikasi iOS)

Jangan terpaku dengan nama aplikasi dari iOS ini, karena aplikasi QR Code Reader tidak hanya memiliki fitur membuat QR Code saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat kode dari tulisan dan angka. Pengguna aplikasi ini dapat pula menggunakannya untuk membaca berbagai macam barcode.

4.      QR Code Reader-Barcode Maker (aplikasi iOS)

Berbeda dengan QR Code Reader, aplikasi ini dapat digunakan untuk membaca dan membuat barcode. Contoh jenis barcode yang dapat Anda buat adalah ISSN/ISBN, Aztec Code, EAN, Code 39, Code 128, dan ITF-14. Dengan aplikasi ini pengguna dapat memindai beragam QR Code dari kamera depan atau kamera depan.

5.      QR Code Generator

Website QR Code Generator telah dikenal sebagai website pembuat QR Code yang ramah pengguna karena mudah digunakan serta multifungsi. Anda dapat membuat QR Code dari URL, tulisan, nomor telepon, kontak hingga mengirimkan SMS. Selain dapat membuat QR Code, pengguna dapat menggunakannya untuk memindai QR Code.

Itulah pengertian dan cara membuat barcode produk dengan menggunakan website ataupun aplikasi. Seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan barcode mulai digeser oleh adanya QR Code. Barcode dinilai telah banyak digunakan untuk keperluan industri perdagangan dan lebih sulit untuk dibaca. Pastikan website atau aplikasi yang Anda gunakan dapat diakses secara cepat ya!

Write A Comment