Bisnis Katering Takjil, Siap-Siap Cuan di Bulan Ramadan

Usaha catering takzil merupakan ide bisnis yang tidak boleh dilewatkan. Meski di tengah pandemi, permintaan takzil tak kunjung berkurang. Banyak masyarakat ingin berbagi dengan pihak lain.

Bacaan Lainnya

Thakrjir adalah tradisi populer selama Ramadhan. Istilah takjil sebenarnya tidak mengacu pada makanan, melainkan ajakan untuk berbuka puasa lebih awal. Di Indonesia, takjil dipahami sebagai makanan berbuka puasa.

Kebanyakan menawarkan makanan ringan yang biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa. Takjil bisa dijadikan makanan oe.

Melalui catering takjil, Anda bisa berbuka puasa dengan menawarkan berbagai menu menarik. Ini adalah tempat di mana Anda dapat melepaskan kreativitas Anda sebagai pelaku bisnis dengan rasa takjil yang berbeda, dari manis hingga asin.

Meski peminatnya banyak, bukan berarti membuka usaha catering takzil tidak membutuhkan strategi dan mengetahui risiko yang dihadapi. Jika Anda serius menjalankan bisnis katering Takjil, ini bisa menjadi langkah untuk mengembangkan bisnis katering Anda.

Keuntungan Membuka Usaha Catering Takzil

a. Permintaan konsumen yang sangat besar

Saat berbuka, ada baiknya berbuka puasa dengan yang manis-manis untuk mengembalikan gula darah selama puasa 13-14 jam atau lebih dalam sehari.Saya tidak punya waktu atau kemampuan.

Apalagi membeli makanan takjil lebih murah dibandingkan jika harus membeli bahan-bahannya secara terpisah. .

Takjil juga bisa dibuat dengan dua cara. Salah satunya berupa paket yang bisa dipesan secara massal. Kedua adalah memasarkan jenis makanan yang disajikan. Konsumen kemudian memiliki alternatif untuk membeli secara individual dalam jumlah kecil atau memesan dalam jumlah banyak.

b. Modal yang berasal dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh

Para pelaku bisnis mungkin membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha catering takjil. Sekitar 20 hingga 25 hidangan takjil biasanya disajikan. Tentunya jumlah tersebut membutuhkan pembelian bahan baku yang banyak.

Modal awal yang dikeluarkan memang kecil, namun mengingat kebutuhan masyarakat yang besar, keuntungan yang diperoleh tentu saja sepadan.

Semakin banyak variasi makanan, semakin menarik bagi banyak orang. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dari makanan yang dibuat, karena kualitas yang baik akan membuat pelanggan melakukan repeat order.

tantangan

Tantangan utama dalam memulai usaha catering takzil adalah banyaknya pesaing. Tentunya ide membuat catering takjil ini sangat populer, sehingga kita harus bisa memastikan makanan yang disajikan berkualitas dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Tentunya ada batasan seberapa banyak rasa makanan yang bisa Anda cicipi saat berpuasa, jadi pastikan bahan-bahannya sudah mencapai bumbu yang pas.Jadi saat membeli, pastikan semua bahannya segar.

Coba Model Bisnis Katering Takzil

Ada beberapa model bisnis yang bisa diterapkan saat berjualan takjil. Jenis atau model ini dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi bisnis Anda. Lihat di bawah ini!

Konsinyasi

Konsinyasi adalah kontrak antara dua pihak di mana satu pihak, pemilik barang, menyerahkan barang kepada pihak lain untuk menjual barang dengan biaya tertentu. Oleh karena itu, Anda dapat menitipkan konsumsi Takjil di tempat/toko/tempat tertentu.

Keunggulan model ini adalah tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat usaha atau warung. Jika Anda memiliki modal terbatas, outsourcing tentu saja merupakan pilihan terbaik untuk memulai bisnis Anda.

Selain itu, juga dapat menghemat biaya produksi sekaligus memperluas pasar. Jika jenis takjil yang Anda berikan enak, pelanggan tentu saja akan repeat order. Oleh karena itu, jumlah makanan dari Anda pasti akan bertambah dari pihak yang dititipkan.

halaman terbuka

Ingin berhubungan langsung dengan konsumen? Jawabannya adalah dengan membuka lapak. Tempat yang biasanya ramai dikunjungi pengunjung adalah di depan pasar, pinggir jalan dan di depan mini market seperti Indomaret dan Alfamart. Anda harus membayar biaya sendiri jika menggunakan lokasi ini. Sebagai contoh, untuk mini market, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp300.000 hingga Rp350.000 per bulan.

Anda juga harus memiliki cukup kursi, meja, dan tenda untuk membuka kios Anda. Anda juga perlu memastikan makanan yang Anda jual bersih dan bebas dari debu, sehingga Anda harus mempertimbangkan: Presentasi paket.

bergabung dengan aplikasi pengiriman

Aplikasi pengiriman juga tersedia untuk meningkatkan penjualan Anda. Misalnya, gojek memiliki pilihan gomart dan gofood. Keuntungan berpartisipasi dalam aplikasi adalah Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan begitu, produk Anda lebih berpeluang dikenal oleh lebih banyak orang.

Sayangnya, aplikasi semacam ini mengurangi keuntungan yang bisa didapatkan. Jadi pilihannya adalah menaikkan harga. Jika dibeli langsung dengan pembelian dalam aplikasi, harganya lebih tinggi dalam aplikasi. Jika Anda ingin aplikasi menurunkan harga, jangan berhemat pada kualitas rasa.

Strategi Pemasaran Usaha Catering Takjil

1. Tentukan lokasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa poin kebiasaan saat mencari makanan takjil. Biasanya usaha catering takjil semacam ini tidak melakukan promosi besar-besaran. Memilih lokasi yang cocok.

Pertimbangan dalam memilih lokasi: Jarak dari pemukiman penduduk, jarak dari jalan utama, atau tempat yang dilalui orang. Dua poin ini menjadi faktor penting apakah penjualan akan ramai atau tidak.

2. Jenis makanan

Semakin banyak variasi hidangan takjil yang Anda tawarkan, semakin banyak kepercayaan yang Anda miliki dengan calon pelanggan. Disarankan untuk menawarkan variasi makanan seperti manis, pedas, dan asin agar konsumen memiliki banyak pilihan. Anda dapat menggunakannya secara luas dari makanan hingga minuman.

ide memasak takjil

Jada Manten

Juddermanten adalah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan, santan, dan daging ayam atau sapi. Setelah itu dibungkus dengan telur dadar dan disajikan dengan cabai merah. Tekstur Juddermanten hampir sama dengan Lemper. Jumlahnya tidak terlalu banyak, dan rasanya pas untuk perut yang berat saat perut kosong.

Aneka topping nugget pisang

Saat ini sedang tren makanan baru dengan berbagai topping seperti coklat, matcha, dan tiramisu. Rasa ini sangat digemari oleh anak muda, sehingga mungkin bisa menggantikan menu baru.

Churro

churros pisang untuk ide takjil

Ingin mencoba donat jenis baru yang disukai banyak orang, cobalah membuat churros dengan saus cokelat atau matcha. Jika donat biasanya berbentuk bulat, churro yang panjang berbentuk seperti stik. Churros memiliki ciri khas teksturnya yang renyah dan rasa yang harum.

Tertarik terjun ke bisnis catering takjil setelah membaca artikel ini? Jika iya, persiapkan sekarang juga karena bulan puasa tinggal seminggu lagi, agar cepat mengetahui makanan apa saja yang bisa masuk dalam menu Anda.

Informasi menarik tentang peluang bisnis lainnya dapat ditemukan di BisnisUKM.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *