Bakso Jamur Tiram, Cocok Untuk Konsumen Vegetarian!

Bakso umumnya terbuat dari daging sapi, namun saat ini kebanyakan orang sudah mulai menggunakan jamur sebagai pengganti daging pada baksonya.Dipilih oleh para pebisnis karena memiliki Dan pilihan mereka ternyata sangat tepat. Bakso jamur rasanya sama enaknya dengan bakso daging sapi. Ternyata menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi banyak orang yang akhirnya meluncurkan produk Kinoko no Tsukune.

Bacaan Lainnya

Dengan semakin besarnya minat konsumen terhadap produk olahan jamur, kini menu bakso jamur mulai dikenal luas di kalangan masyarakat.Penjual bakso jamur di Yogyakarta sukses mencuri perhatian konsumen dengan bakso jamurnya yang dibumbui saus.

Selain itu, ada juga Toko Bakso Jamur Ladin di Malang. Setiap bulannya, warung bakso bisa meraup omzet penjualan hingga Rp 30 juta melalui inovasi bakso jamur tiram yang mereka tawarkan ke masyarakat.Kondisi ini adalah bukti nyata Aneka produk olahan jamur Itu sudah mulai mengakar di benak konsumen.

Nah, untuk membantu Anda yang tertarik menekuni bisnis bakso jamur. Di bawah ini kami berikan resep bakso jamur tiram yang bisa Anda praktikkan di rumah sebelum akhirnya mengadopsi produk ini sebagai bisnis.

Manfaat Bisnis Bakso Jamur Tiram

Entri Konsumen yang Tak Terlihat

Salah satu konsumen utama bakso jamur tiram adalah kelompok komunitas vegetarian. Bakso jamur tiram bisa dibuat dengan sedikit atau tanpa telur. Ini adalah kesempatan bagus untuk memperkenalkan produk Anda.

Jangkauan pelanggan luas

Bakso jamur tiram dapat dijual dalam keadaan beku sehingga memudahkan pemasaran produk Anda ke luar daerah. Plus, bakso bisa disimpan sebentar di lemari es, jadi tidak perlu dibuat setiap hari.

Untuk itu, Anda bisa berjualan menggunakan marketplace. Pengguna platform ini berasal dari berbagai tempat, jadi Anda bisa memanfaatkan peluang ini.

Catatan penting jika Anda ingin berjualan jarak jauh: Pastikan Anda sudah mengukur umur simpan bakso Anda sebelum basi, Anda bisa memakannya dengan nikmat.

Bakso jamur tiram yang mudah dibuat

Cari makanan yang mudah dibuat dan mudah dijual? Tentu bakso jamur tiram adalah jawabannya. Bahan baku yang anda cari tidak sulit didapat, sekarang sudah banyak pembudidaya jamur tiram. Apalagi harganya juga tidak terlalu mahal.

Untuk menekan biaya pembelian bahan, Anda bisa menanam jamur tiram sendiri.

Membuat bakso jamur tiram juga tidak sulit. Namun, kualitas tidak bisa diabaikan. Pastikan bakso yang Anda jual tidak memiliki campuran tepung yang terlalu banyak dibandingkan dengan jamur.

Isu dalam bisnis bakso jamur tiram

Memperkenalkan bakso bukanlah hal yang mudah, apalagi jika ingin menyasar masyarakat umum. Itu tidak terkenal dan harus dipromosikan di berbagai media.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan munculnya pesaing. Penjual bakso jenis ini sudah cukup banyak di amrketplace. Anda harus pintar mencari celah agar produk Anda lebih dikenal.

Resep cara membuat bakso jamur tiram

Resep Bakso Jamur Tiram
bakso jamur
Bahan :
- 500 gram kaki jamur tiram
- 1 butir putih telur
- 1 ons tepung sagu
- Garam (secukupnya)
- Lada (secukupnya)
- Minyak barbeque (secukupnya)

Cara membuat :
Bakso Jamur 
- Haluskan/blender batang jamur dan peras airnya (buang)
- Tambahkan putih telur, aduk rata
- Masukan tepung sagu, garam, lada dan minyak barbeque, aduk rata
- Setelah semua adonan menyatu, buat bulat-bulat kecil menjadi bentuk bakso. 
- Jika sudah dingin, masukkan dalam plastic bag dan simpan dalam kulkas

Analisis Modal Bakso Tiram

Kira-kira untuk 25 butir

 500 gram kaki jamur tiram         Rp14.500
 1 butir putih telur               Rp1500
 100 gram tepung sagu              Rp1500
 Garam (secukupnya)                Rp1000
 Lada (secukupnya)                 Rp2000
 Minyak barbeque (secukupnya)      Rp1000
 Jumlah (25 butir)                 Rp21.500
 Jumlah (100 butir)                Rp86.000
 Jumlah (100 butir x 25 hari)      Rp2.150.000
 
Modal Tetap
 Sendok                3       Rp10.000
 Baskom stainless      1       Rp25.000
 Panci                 2       Rp100.000 
 Jumlah                        Rp135.000 
 
Penyusutan setelah alat dipakai dalam satu tahun
 1/12 x Rp135.000              Rp11.250
 Total                         Rp146.250
 
Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp2.150.000 + Rp146.250       =Rp2.296.250
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp30.000 (harga jual 1 pak [email protected] biji) x 10 x 25 hari 
                               =Rp7.500.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan Awal - Biaya Operasional
 Rp7.500.000 - Rp2.296.250     =Rp5.203.750    

Catatan: 
- pada bulan selanjutnya kamu tidak perlu memasuukan modal tetap dalam penghitungan, cukup jumlah penyusutan saja. 
- biaya di atas belum termasuk pembelian vaccuum bag. 

strategi pemasaran

menggunakan media sosial

Ya! Di zaman modern ini, sebagai pelaku bisnis, Anda juga harus cerdas dalam menggunakan media sosial. Jika tidak, produk Anda akan tertinggal oleh pesaing Anda. Media sosial sekarang memiliki fitur akun bisnis tambahan yang tersedia. Fitur akun bisnis memudahkan untuk melihat perkembangan bisnis Anda.

Anda dapat menawarkan promosi dan diskon kepada pelanggan Anda melalui media sosial. Strategi ini biasanya bekerja dengan baik untuk teman-teman yang baru memulai latihannya. Mintalah testimoni konsumen tentang bakso Anda. Kemudian posting jawaban positif di halaman depan agar lebih banyak orang percaya.

Jika Anda ingin berpartisipasi di media sosial, ingatlah untuk memilih foto yang bersih dan tajam. Dari visualisasi Anda, konsumen akan menilai seberapa serius promosi Anda.

kemasan yang menarik dan efisien

Selalu gunakan makanan beku seperti bakso kemasan efektif dan efisien. Tapi itu tidak cukup. Paket harus disertai dengan informasi identifikasi produk. Slogan atau logo dapat dilampirkan pada paket untuk diingat oleh pelanggan Anda. Slogan dan logo juga merupakan iklan berjalan bebas.

evaluasi bisnis

Apakah promosi cukup untuk bisnis Anda? tentu saja tidak. Dalam jangka waktu tertentu, Anda harus mengevaluasi upaya Anda. Kegunaan valuasi adalah untuk melakukan koreksi penjualan yang kemudian dikoreksi. Misalnya, rekonsiliasi saldo debit dan kredit sebulan sekali setelah menyelesaikan laporan keuangan. Periksa keseimbangan.

Hitung keuntungan Anda dari itu. Jika laba bersih Anda tidak mencapai target, Anda mungkin perlu memperbaiki sesuatu, mulai dari kualitas rasa hingga metode promosi Anda. Fokus penilaian adalah kelemahan-kelemahan yang muncul selama menjalankan bisnis.

menutup

Memanfaatkan tekstur jamur yang mirip daging, bukan tidak mungkin menggunakannya sebagai pengganti bakso. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis ini? Jangan lupa ikuti tips di atas.

Jika menurut Anda artikel ini menarik, jangan lupa untuk membaginya dengan teman-teman Anda yang lain. Semoga informasi cara membuat bakso jamur ini bermanfaat bagi para pembaca. Juga semoga menjadi inspirasi bisnis bagi anda yang sedang bingung mencari peluang bisnis. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai sekarang. Bisnis jamur!

Kami akan mengirimkan informasi menarik tentang peluang bisnis dan lainnya. BisnisUKM.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *