Akhirnya Produk UMKM Masuk Kimia Farma, Simak Caranya!

Produk UMKM masuk ke kimia farmasi. Tahukah kamu, per awal Maret 2021, produk spa dan herbal hasil kreasi UMKM bisa masuk Kimia Farma melalui kurasi. Kebijakan ini sebagai bentuk perlindungan dan memberikan kesempatan bagi UMKM untuk tetap berkembang meski di masa pandemi.

Bacaan Lainnya

PT Kimia Farma Tbk menjalin kerjasama untuk memfasilitasi program ini bekerja sama dengan Lembaga Jasa Pemasaran Koperasi dan UKM (LPP-KUKM) atau Smesco. Dengan 1.300 toko di seluruh Indonesia, Kimia Farma dinilai memiliki potensi besar untuk membantu UMKM.

11 Maret 2021 Misalnya, Smesco memfasilitasi acara produk berjudul “Sparc Live Shopping” yang didedikasikan untuk produk herbal dan spa UMKM. Program ini diikuti oleh 44 UMKM binaan Smesco, dengan total 185 produk terpilih. Melalui acara ini, produk Anda akan dipromosikan lebih luas.

Masuknya produk UMKM Kimia Farma merupakan langkah awal memberikan dukungan bagi perusahaan untuk mengekspor produk lokal Indonesia. Smesco Indonesia bersama sekolah ekspor Shopee dengan dukungan Kementerian Perdagangan telah merencanakan ekspor UMKM ke depan sejak awal.

Salah satu permasalahan pelaku UMKM saat ini adalah sebagian besar usaha masih ‘macet’. Kita perlu memanfaatkan dukungan dari pemerintah ini. Karena dengan cara ini Anda akan memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun sebelum itu, mari kita pahami manfaat dan cara pendaftarannya di bawah ini.

Terakhir, produk UMKM masuk Kimia Farma.

Keuntungan bagi UMKM masuk Kimia Farma

UMKM terbukti mampu bertahan di masa pandemi karena daya adaptasinya. Melihat pertumbuhan UMKM, sektor tersebut masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Oleh karena itu, banyak program pemerintah yang memberikan peluang bagi usaha kecil dan menengah untuk berkembang. Program UMKM yang tergabung dalam Kimia Farma kali ini memberikan kesempatan untuk membawa produk herbal dan spa lokal ke khalayak yang lebih luas.

standar produk yang tinggi

Apotek Kimia Farma tidak bisa menampilkan semua produk dan UKM. Semua pengajuan produk akan direview terlebih dahulu untuk memastikan produk yang masuk Kimia Farma berstandar tinggi. Dengan cara ini pelaku UMKM berusaha meningkatkan kualitas produknya.

Manfaat yang diperoleh dari sistem kurasi (seleksi) di lokasi yang berafiliasi dengan pemerintah tidak hanya kurang terwakili untuk produk kecil dan menengah, karena usaha kecil dan menengah memiliki standar produksi yang lebih baik. Kedua, produk transit tersebut akan meningkatkan produksi dan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Berbagai peluang ekspor

Salah satu permasalahan UMKM di Indonesia adalah masih banyaknya produk yang belum menembus pasar luar negeri. Meski potensi penjualannya sangat besar di luar Indonesia, banyak UMKM yang masih mengandalkan konsumen dalam negeri.Kerja sama beberapa lembaga nasional meningkatkan daya saing UMKM di sektor internasional

Program Kimia Farma dan Smesco Mendorong UMKM untuk memasuki ekosistem digital, salah satunya pemasaran online melalui Kimia Frama Mobile. Dengan begitu, semua produk UMKM akan lebih mudah diakses dan jangkauannya lebih luas.

Peluang untuk memperluas jangkauan pelanggan

Smesco sendiri memiliki misi untuk memberikan layanan promosi dan pemasaran kepada UMKM di Indonesia. Layanannya meliputi informasi pasar, saran pemasaran, promosi produk, jaringan pemasaran, distribusi produk UMKM, konsultasi pemasaran, peningkatan kapasitas manajemen dan teknik pemasaran, dan inkubasi pemasaran.

Program UMKM masuk Kimia Farma merupakan turunan dari misi tersebut. Misalnya, Smesco dan Kimia Farma menerapkan sistem diskon pada program bundel mereka, sebuah strategi pemasaran di mana beberapa produk dikemas bersama dan dijual dengan satu harga.

Persyaratan Pendaftaran Program Kimia Farma UMKM

1. Perizinan lengkap mulai dari Izin BPOM, Nomor Induk Berusaha (NIB) hingga Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Legalitas usaha menjadi langkah awal agar produk spa atau herbal lolos kurasi.

2. Siapkan KTP, NPWP, rekening bank dan tanda daftar perusahaan (sekarang berubah menjadi NIB).

3. Contoh produk harus disiapkan untuk segera dievaluasi oleh pihak yang berwenang.

Prosedur pendaftaran

1. UKM mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran KUKM di bagian LLP-KUKM.

2. UKM mengirimkan contoh produk ke LLP-KUKM (Smesco) dengan menggunakan formulir Penambahan Contoh/Barang sebagai bukti pengiriman dan serah terima contoh. Formulir ini digunakan untuk setiap pengiriman sampel baik dari UKM baru maupun lama yang menambahkan item baru ke galeri.

3. Menerima dan mengevaluasi sampel untuk melihat apakah memenuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan sebagai produk mitra LLP-KUKM.

4. Apabila contoh produk dan informasi yang berkaitan dengan UKM telah dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai mitra LLP-KUKM, maka UKM harus melengkapi formulir pendaftaran dan memenuhi persyaratan yang ditentukan, antara lain:

  • dll.
  • NPWP
  • akun bank
  • TDP (untuk perusahaan yang berbadan hukum)

5. Jika persyaratan sudah lengkap dan sesuai, pelaku usaha menyerahkan data pendaftaran UKM ke bagian hukum untuk dibuatkan perjanjian atau kontrak.

6. Setiap kontrak atau perjanjian dengan UKM akan disetujui oleh direksi LLP-KUKM.

7. Berdasarkan kontrak/perjanjian yang telah disetujui, personel unit usaha mencatat UKM mitra LLP-KUKM dalam database UKM dan menetapkan code/barcode UKM.

8. Pendaftaran produk Kimia Farma akan dijelaskan kemudian setelah terdaftar sebagai Pelaku UMKM di database Smesco (LPP-KUKM). Jika sudah lulus, silakan cek ke Divisi Usaha Kecil dan Menengah.

CATATAN PENTING: Untuk verifikasi unit usaha LPP-KUKM, kami sarankan untuk mengunjungi website smesco.go.id dan menghubungi nomor yang tersedia. Ingatlah untuk memenuhi persyaratan terlebih dahulu dan kemudian menyiapkan produk untuk produksi sebanyak mungkin untuk menghindari masalah selama proses kurasi.

menutup

Kini pemerintah terus mengubah wajah UKM agar lebih modern. Sebagai bagian dari UU Cipta Kerja, dukungan terhadap UMKM telah dimaksimalkan, dengan kontribusi sektor tersebut sebesar 61,7% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Angka yang tinggi ini menandakan bahwa minat masyarakat terhadap produk UMKM sangat tinggi.

Produk UMKM herbal dan spa masih mengandalkan sistem konsinyasi untuk menjualnya. Melalui program UMKM memasuki Kimia Farma, akan semakin banyak kesempatan untuk mengikuti pameran di luar negeri, digitalisasi penjualan produk semakin meningkat, dan cakupan penjualan produk semakin diperluas.

Nah, peluang bisnis untuk bisnis Anda sudah dijelaskan di atas. Jika Anda menekuni bisnis di bidang produk spa dan herbal, bergabung dengan program UMKM dan bergabung dengan Kimia Farma merupakan ide yang bagus. Jika Anda menemukan artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membaginya dengan teman-teman Anda!

Untuk informasi menarik seputar bisnis UMKM lainnya, kunjungi BisnisUKM.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *