Categories Uncategorized

Peluang Usaha Batok Kelapa yang Menarik

Peluang usaha batok kelapa termasuk salah satu peluang bisnis yang menarik untuk dicoba. Batok kelapa merupakan limbah yang berasal dari buah kelapa yang biasanya dianggap sebagai sampah dan tidak memiliki nilai ekonomis.

Akan tetapi, dengan kreativitas dan juga inovasi, batok kelapa dapat diolah menjadi beraneka macam produk yang mempunyai nilai ekonomis dan menarik minat konsumen. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa saja peluang usaha batok kelapa, potensi pasar, serta berbagai produk yang dapat dihasilkan dari limbah ini.

Peluang Usaha Batok Kelapa

peluang usaha batok kelapa

1. Menjadi lampu hingga cangkir

Terdapat banyak kisah sukses yang menceritakan pengusaha-pengusaha kecil yang berhasil meraih rupiah berkat keterampilannya mengolah batok kelapa menjadi produk kerajinan yang mempunyai nilai estetika tinggi. Bahkan beberapa diantaranya juga berhasil menembus pasar luar negeri. Modal yang dibutuhkan hanya keterampila serta jiwa seni.
Dengan menggunakan mesin penghalus kayu dan mesin pemotong, lem dan cat pelapis, pengrajin mampu menyulap limbah tempurung kelapa jadi barang kerajinan yang cantik, seperti tas, dompet, ikat pinggang, kancing baju, keranjang buah, serta cangkir.
Hal ini ternyata dilakukan langsung oleh pengrajin yang berasal dari Blitar yang sudah menembu pasar Dunia. Ia mengolah batok kelapa menjadi sebuah cangkir dengan harga jual yang sangat tinggi, bahkan Amir telah mengirimkan produknya tersebut ke India sebanyak 800 ribu buah.
Sedangkan satu cangkirnya dijual dengan harga Rp 8 ribu per buah, kap lampu Rp 25 ribu sampai Rp 350 ribu per buah dan kalung ia jual dari harga Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu per satuannya.

2. Usaha Pembuatan Campuran Obat Nyamuk

Kamu pasti sering melihat obat nyamuk yang berbentuk lingkaran, Ternyata pembuatan produk tersebut salah satu bahannya adalah batok kelapa, loh. Tetapi yang digunakan bukan hanya sekadar tempurung kelapa melainkan batok kepala yang telah diolah menjadi tepung.

Nantinya tepung batok kelapa tersebut berfungsi untuk penghambat laju pembakaran pada obat nyamuk. Nah untuk memulai usaha ini kamu perlu bekerja sama dengan perusahaan atau toko yang memproduksi pembuatan obat nyamuk.

3. Usaha Sepatu Berbahan Dasar Batok Kelapa

Sepatu yang berbahan dasar batok kelapa ternyata diwujudkan oleh merek sepatu lokal, Pijak Bumi. Untuk membuat bisnis sepatu ini perlukan beberapa bahan baku diantaranya kulit samak nabati dari Pekalongan, selanjutnya katun organik serta kulit kelapa yang sudah dilebur menjadi bubuk dan kemudian dicetak menjadi kain.
Dari berbagai bahan baku tersebut, Pijak Bumi langsung mendesain dan membuat sepatu secara mandiri. Harga sepatu ramah lingkungan ini dipatok mulai dari Rp 375.000 per pasang hingga Rp 1,8 juta per pasang.

Keuntungan Usaha Batok Kelapa

1. Potensi Pasar yang Luas

Keuntungan dari usaha batok kelapa adalah memiliki potensi pasar yang luas. Produk yang berasal dari batok kelapa seperti kerajinan tangan, bahan bangunan alternatif, produk eco-friendly, dan berbagai macam produk lainnya memiliki potensi pasar yang cukup luas. Terdapat banyak banyak orang yang menyukai produk bernilai estetika tinggi dan eco-friendly. Hal ini membuat produk dari batok kelapa memiliki daya tarik tersendiri di pasaran.

2. Pengurangan Dampak Limbah

Mengolah batok kelapa menjadi produk bernilai ekonomis, cara ini juga dapat membantu mengurangi dampak limbah terhadap lingkungan. Batok kelapa merupakan salah satu jenis limbah yang sulit terurai dan dapat mencemari lingkungan jika tidak dikelola dengan benar. Dengan mengolah batok kelapa menjadi berbagai produk, kita dapat mencegah limbah kelapa yang mencemari lingkungan dan sekaligus menciptakan nilai tambah dari limbah ini.

3. Pemanfaatan Sumber Daya Lokal

Usaha batok kelapa dapat membantu pemanfaatan sumber daya lokal, terutama di daerah yang menghasilkan batok kelapa. Dengan memanfaatkan batok kelapa untuk bahan baku utama, usaha ini  jugadapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian masyarakat setempat serta membantu mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *