Categories Uncategorized

Manfaat Briket Batok Kelapa yang Jarang Diketahui

Pada artikel ini kita akan membahas manfaat briket batok kelapa, yuk simak penjelasan berikut

Briket arang batok kelapa merupakan salah satu bahan bakar alternatif. Beberapa contoh manfaat briket batok kelapa di antaranya adalah yang digunakan untuk memasak terutama untuk memanggang bahan makanan dan juga untuk keperluan rokok pipa shisha.

Briket arang batok kelapa dapat menghasilkan panas yang lebih besar jika dibandingkan dengan briket batu bara. Briket batok kelapa diolah sehingga memiliki daya serap yang cukup tinggi terhadap bahan yang berbentuk larutan atau uap. Briket arang juga dapat diolah dari berbagai macam bahan seperti sekam padi, kayu, serbuk gergaji, bongkol jagung dan tempurung kelapa.

Manfaat Briket Batok Kelapa

manfaat briket batok kelapa

1. Bermanfaat Sebagai Energi Alternatif

manfaat briket batok kelapa yang pertama adalah sebagai energi alternatif. Lapisan terluar pada buah kelapa atau sering disebut juga tempurung kelapa atau batok kelapa ini ternyata memiliki banyak manfaat. Sebab sekam padi atau tempurung kelapa merupakan bahan utama pembuatan briket, maka dari itu solusi bahan bakar alternatif itulah yang kita butuhkan saat ini.

Sesudah tempurung kelapa diolah menjadi arang briket batok kelapa dan diolah menjadi briket arang tempurung kelapa, maka kita bisa memanfaatkannya untuk pengganti kayu bakar kayu bakar. Oleh karena itu, tidak perlu menebang pohon  untuk menggunakan kayu sebagai bahan bakar.

Menariknya, tempurung atau batok kelapa jenis ini harganya jauh lebih relatif murah dan waktu pembakarannya pun lebih lama dibandingkan dengan kayu. Apalagi jumlah kalor atau  panas yang dihasilkan pada arang briket tempurung  kelapa  juga sangat tinggi sehingga dapat membuat proses memasak kita menjadi lebih cepat.

2. Sebagai Pengganti Kompor

Hampir semua dari kita pasti selalu menggunakan kompor gas kalau mau masak kan? Apalagi sekarang harga gas yang terus meningkat dan juga ketersediaannya yang kadang selalu menipis bikin kita jadi khawatir. Maka dari itu, seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, sekarang ini beberapa produsen telah melihat potensi briket arang tempurung kelapa dengan menciptakan kompor briket. Tujuannya yaitu untuk bisa menggantikan kompor gas yang mayoritas digunakan rumah tangga sampai saat ini.

3. Bermanfaat sebagai Pengganti Batu Bara

Kalau kita sering melihat biasanya bahan bakar yang digunakan, khususnya untuk industri itu merupakan batu bara. Tapi seiring dengan berkembangnya jaman, berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, ternyata eksplorasi batu bara yang dilakukan secara masif itu akan sangat merusak alam.

Selain itu, ternyata batu bara juga cenderung dan tergolong beracun kalau asapnya terhisap oleh manusia. Oleh sebab itu, briket arang tempurung kelapa ini dapat menjadi solusi bahan bakar alternatif untuk pengganti batu bara.

4. Tidak Beracun

Saat ini, karena proses produksi arang briket tempurung kelapa atausering diseput batok kelapa ini masih dilakukan melalui proses alami, maka briket tersebut aman bagi kita. Sebab ada bahan tambahannya hanya tapioka berbahan singkong sebagai bahan pengikat adonannya. Inilah alasannya mengapa arang briket tempurung kelapa merupakan bahan yang aman dan tidak beracun.

5. Tidak Mengeluarkan Asap atau Tidak Berasap

Pada saat membakar batu bara sering kali mengeluarkan banyak sekali asap, contohnya saat kita memanggang sate sudah pasti banyak sekali asapnya, padahal sate memiliki bau yang sangat sedap. Akan tetapi, berbeda jika kita menggunakan briket arang dari tempurung kelapa ini.

Pada saat pembakaran atau memasak menggunakan briket aarang batok kelapa, jumlah asap yang dihasilkan sangat sedikit, hampir tidak ada asap sehingga tidak mempengaruhi lingkungan ataupun mencemari lingkungan.

6. Go Green Energy

Go green energy adalah salah satu manfaat briket arang kelapa yang paling terkenal. Go Green Energy merupakan sebutan untuk sumber energi ramah lingkungan. dan dengan kita menggunakan arang briket yang terbuat dari kelapa atau bahan tempurung kelapa dan juga bahan tambahan tepung singkong alami maka tidak akan mengeluarkan asap ketika dibakar, oleh sebab itu arang tempurung kelapa ini sangatlah bagus tidak hanya itu tentunya sangat ramah lingkungan sebab tidak membuat polusi udara.

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui

manfaat briket batok kelapa

Manfaat briket batok kelapa dapat mеmbеrі kеuntungаn yang jauh lеbіh bеѕаr dаrіраdа реnggunааn beberapa еnеrgі bumі lаіnnуа. Keuntungan briket batok kelapa yaitu bіауа untuk memperoleh briket аrаng lebih murah jika dibandingkan dengan mіnуаk аtаu аrаng kауu, massa bаkаr brіkеt аrаng juga lеbіh lаmа, реnggunааnnуа lebih аmаn, mudаh disimpan dan dіріndаhkаn dan pengipasan аtаu реnаmbаhаn brіkеt batok kelapa tіdаk реrlu ѕесаrа berulang-ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *