Categories Uncategorized

Cara Ekspor Sabut Kelapa ke China

Bisnis ekspor impor merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan untuk digeluti, jika kamu adalah seorang importir pemula yang ingin mencoba mengekspor beberapa produk, mungkin mengekspor sabut kelapa ke China dapat dicoba. Jika kamu belum memahami bagaimana cara ekspor sabut kelapa, membaca artikel ini adalah hal yang sangat tepat.

Begini Cara Ekspor Sabut Kelapa ke China

cara ekspor sabut kelapa kechina

1. Mempersiapkan Dokumen Ekspor

Cara ekspor sabut kelapa ke china yang pertama bagi pemula yaitu wajib memenuhi segala persyaratan dan dokumen. Beberapa dokumen yang harus disiapkan antara lain Surat Izin Perdagangan, Daftar Perusahaan, Nomor Pokok Wajib Pajak, dan Nomor Identitas Kepabean yang diberikan oleh pihak Bea Cukai.

Banyaknya dokumen ekspor juga bisa berbeda-beda tergantung dengan jenis produk, prosedur di negara tujuan serta dengan kesepakatan antar pembeli. Dokumen ekspor juga berhubungan dengan invoice dari eksportir, packing list, dan bill of lading dari shipping company.

Kamu harus memastikan jika informasi perusahaan, alamat kantor, barang yang kirim, dan lainnya sudah terdata dengan jelas. Kejelasan dan kelengkapan sebuah informasi akan berpengaruh menentukan berapa lama proses ekspor.

2. Memastikan Negara Tujuan Ekspor Kelapa

Jika dokumen sudah Kamu dilengkapi, eksportir wajib memastikan negara tujuan ekspor sabut kelapa. Kamu juga harus melakukan riset terlebih dulu untuk menentukan negara yang tepat sesuai dengan produk yang dikirim. Jangan lupa pastikan karakter dan budaya negara tersebut dapat menerima produk yang Anda tawarkan.

3. Terapkan Marketing yang Tepat

Mengkspor sabut kelapa ke China akan terasa lebih mudah dilakukan jika Kamu sudah memasarkan produk terlebih dahulu. Cara ini bertujuan supaya calon pembeli dapat mengenal produk. Kamu bisa Mendaftarkan perusahaan di e-commerce atau portal bisnis yang berbasis internasional. Gunakan Fasilitas Pemerintah

Kementrian Perdagangan juga menyediakan fasilitas Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) dan Atase Perdagangan (Atdag). Hal ini dapat membantu Kamu untuk mencari informasi perihal permintaan produk dari perusahaan luar negeri serta analisis situasi pasar di negara tujuan.

4. Beritahu Pihak Pabean

Beritahu informasi pabean lewat pihak Bea Cukai yang sudah lengkap dengan dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang serta kelengkapan surat diatas.

5. Dapatkan Nota Persetujuan Ekspor

Cara ekspor sabut kelapa ke China selanjutnya yaitu menunggu eksportir memperoleh permohonan ekspor. Bila sudah terpenuhi, maka akan keluar Nota Persetujuan Ekspor (NPE) yang diberikan oleh Bea Cukai. NPE dapat menjadi bukti diatas meja hijau, jika produk yang akan di ekspor sudah tergolong sebagai barang ekspor.

6. Lakukan Pengiriman Barang

Pengiriman barang ekspor sabut kelapa ke China dapat dilakukan setelah NPE sudah tersedia. Cara ekspor sabut kelapa ke China dimulai dengan stuffing container dengan tepat. Eksportir bisa menggunakan general purpose container, bulker container, atau reefer container. Jangan lupa sesuaikan jenis produk kelapa dan turunannya yang akan di ekspor.

Pengiriman barang ekspor bisa menggunakan transportasi darat ataupun laut. Pastikan produk ekspor sudah diasuransikan untuk mencegah kerugian. Cara ekspor sabut kelapa ke China yang terakhir yaitu mendapatkan pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan.

Potensi Pasar Ekspor Sabut Kelapa ke China

cara ekspor sabut kelapa kechina

Indonesia mempunyai potensi besar dalam ekspor sabut kelapa, terutama ke China. Terdapat negara yang menjadi pasar potensial bagi sabut kelapa Indonesia antara lain Amerika Serikat, India, China, dan Eropa. Sabut kelapa juga dapat menjadi alternatif bahan baku untuk produk-produk antara lain seperti karpet, jala, dan bahan pengisi di sofa.

Selain itu, sabut kelapa juga dapat digunakan untuk bahan baku produksi karbon aktif yang digunakan dalam industri minyak dan gas, farmasi, dan industri makanan dan minuman. Sekarang kalian tahu kan selain diolah menjadi briket batok kelapa yang memiliki banyak kegunaan, sabut kelapa juga dapat di ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *