Categories Uncategorized

Analisa Usaha Cocopeat

Sebelum kita menyimak analisa usaha cocopeat, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan cocopeat. Cocopeat di Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar. Cocopeat merupakan salah satu jenis media tanam yang cukup digandrungi pada masa ini.  Cocopeat adalah media tanam hidroponik, cocopeat memiliki sifat organik yang membuat tanaman dapat tumbuh dengan subur. Cocopeat banyak dijual toko tanaman.

Tidak jarang jika kita sering menemukan cocopeat yang digunakan sebagai media tanam di rumah-rumah. Cocopeat memiliki bentuk serbuk yang dipadatkan. Cocopeat mempunyai Ph 5.0 hingga 6,8 sehingga begitu baik untuk pertumbuhan tanaman apa saja. Biasanya, cocopeat akan dicampur dengan bahan lain yaitu seperti sekam bakar.

Analisa Usaha Cocopeat di Indonesia

analisa usaha cocopeat

Mengamati penggunaan cocopeat yang semakin meluas, tentu saja sia-sia jika melewatkannya begitu saja. Kamu dapat mencoba peluang bisnis cocopeat yang menggiurkan ini. Berikut peluang yang bisa Anda coba, antara lain:

  •  Sebagai Produsen Cocopeat

Analisa usaha cocopeat yang pertama adalah produsen. Produsen adalah pemilik produk atau usaha yang akan membuat cocopeat. Saat ini produsen cocopeat tidak terlau banyak di perkotaan khususnya. Peluang ini bisa sangat menguntungkan alasannya karena setelah membuat cocopeat, Kamu bisa menjual cocopeat tersebut langsung ke tangan konsumen.

Penjualan dapat dilakukan dengan marketplace atau media online lain. Akan tetapi, jika Kamu belum pernah membuat cocopeat sebelumnya tentu prosesnya akan panjang. Kamu harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara membuat cocopeat, selanjutnya praktek membuatnya, jika sudah berhasil, Kamu bisa segera menjualnya.

  • Distributor

Seperti dengan nama yang dimilikinya, distributor adalah orang yang nantinya akan mendistribusikan cocopeat ini kepada pengusaha grosir. Namun untuk menjadi distributor cocopeat, Kamu harus melakukan pembelian cocopeat di distributor dalam jumlah yang banyak.

Tidak hanya membeli dalam jumlah banyak, Kamu juga harus memilih produsen cocopeat di Indonesia yang mempunyai produk cocopeat yang berkualitas. Keuntungan menjadi distributor cocopeat adalah, Kamu tidak perlu mempelajari cara untuk membuat cocopeat.

Bukan hanya itu, Kamu juga hanya perlu menyiapkan sejumlah modal dan juga pasar yang digunakan untuk menjual cocopeat ini. Memang, ketika menjadi distributor cocopeat, Kamu harus siap menyiapkan modal yang cukup besar. Modal yang diperlukan bisa mencapai jutaan rupiah, tergantung dari banyaknya dan kualitas cocopeat.

  • Grosir

Selain distributor cocopeat, Kamu juga dapat menjadi grosir cocopeat. Perbedaannya, jika distributor cocopeat melakukan pembelian ke produsen dengan jumlah yang sangat besar. Akan tetapi, untuk grosir nantinya pembelian dilakukan dalam jumlah yang lebih sedikit, sehingga modal yang diperlukan untuk membuka grosir cocopeat ini tidaklah besar.

Namun, meskipun modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, Kamu juga harus siap jika keuntungan yang di dapat juga tidak begitu besar. Besarnya keuntungan ketika menjalankan bisnis ini juga relative lebih sedikit, contohnya adalah untuk satu pack, Kamu hanya mengambil keuntungan beberapa puluh ribu saja.

Berbeda dengan menjadi distributor yang bisa mendatangkan keuntungan hingga mencapai ratusan ribu karena selisih harganya yang sangat besar.

  • Pedagang Ecer

Pedagang ecer tentu menjadi urutan paling akhir. Begitu juga sebagai bisnis cocopeat ini. Sebagai pedagang ecer, dari segi keuntungan memang tidak terlalu besar. tetapi, modal yang dibutuhkan untuk menjadi pedagang ecer tentu saja sangat sedikit.

Contohnya yaitu, Kamu dapat membeli cocopeat dari grosir, dalam jumlah yang sedikit, selanjutnya menjualnya ke pasaran, setelah laku Anda bisa membeli lagi. Pembelian konsumen dalam jumlah sedikit inilah yang dapat membuat keuntungan tidak terlalu besar.

Baik menjadi produsen ataupun menjadi pedagang eceran, peluang bisnis dari cocopeat di Indonesia ini masih terbuka sangat lebar, oleh karena itu kamu tidak perlu khawatir dengan potensinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *