Categories Uncategorized

Cara Merawat Baju Putih Agar Bersih

Cara merawat baju putih agar bersih, apakah kamu tahu bagaimana cara mencuci pakaian putih agar bersih? Pasalnya, baju warna putih ini sangat rentan kotor dan menguning.

Padahal, baju putih adalah warna pakaian yang sangat cocok untuk dipadukan dengan warna lain. Maka dari itu, kamu perlu merawat pakaian dengan warna putih agar awet dan tampak seperti baru dengan cara memperhatikan proses pencuciannya.

Nah, untuk mengetahui sejumlah tips mencuci pakaian putih, baca artikel ini sampai habis ya!

Cara Merawat Baju Putih

Dalam cara merawat baju putih, hal yang perlu dapat perhatian terletak pada metode pencucian atau produk pembersihnya. Dengan memperhatikan dua hal tersebut, kamu bisa menjaga agar baju putihmu agar tidak kusam dan menguning.

Dibawah ini adalah cara merawat baju putih agar tidak kuning dan kusam.

1. Gunakan Detergen Khusus Pakaian Putih

Penggunaan deterjen untuk mencuci pakaian putih perlu diperhatikan. Gunakanlah deterjen khusus pakaian putih untuk menjaga warnanya.

Selain itu, perhatikan banyaknya atau takaran deterjen yang digunakan dan hindari penggunaan terlalu banyak. Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, penggunaan deterjen yang terlalu banyak dapat menyebabkan baju susah dibilas.

Sehingga residu akan menumpuk dan menjadi penyebab baju putih kusam dan bahkan menguning. Jadi, gunakan deterjen secukupnya dengan takaran yang pas ya!

2. Pisahkan Baju Putih Sebelum Dicuci

Tidak kalah penting, cara merawat baju putih selanjutnya adalah dengan menyortir baju sebelum dicuci. Pisahkan bajumu sebelum dicuci untuk mengurangi risiko kelunturan baju berwarna lainnya. Kemudian, perhatikan juga baju kotormu lainnya.

Jangan mencampur pakaian bernoda dengan baju putih. Sebab, noda yang ada di baju lainnya dapat bercampur menempel ke baju putih milikmu.

3. Hindari Pemakaian Pelembut Pakaian Berlebihan

Pemakaian pelembut kain secara berlebihan dapat meninggalkan noda pada saat proses pencucian. Noda tersebut akan menempel pada baju dan susah untuk dibersihkan, sehingga akan memakan lebih banyak waktu saat mencucinya.

Baca Juga: Cara merawat baju agar awet

4. Segera Bersihkan Noda

Noda yang dibiarkan menempel, lama kelamaan akan susah dibersihkan. Apalagi jika menempel di baju warna putih, bercak nodanya akan semakin terlihat.

Oleh karena itu, segera bersihkan noda yang menempel menggunakan deterjen yang sesuai.

5. Balik Baju sebelum Dijemur

Sebelum dijemur, baliklah baju putihmu terlebih dahulu, sehingga bagian dalam berada di luar atau bagian luar ada didalam. Hal ini ditujukan ntuk menghindari noda dan paparan sinar matahari yang terlalu panas, sehingga warna baju putih akan tetap terjaga.

6. Gunakan Cuka Jika Diperlukan

Selain memakai pemutih, alternatif cara merawat baju putih adalah dengan memakai cuka. Pemakaian cuka di sini untuk mengembalikan warna putih pada baju.

Penggunaan cuka lebih aman jika dibandingkan pemutih klorin karena tidak mengandung bahan kimia.

7. Hindari Terlalu Banyak Cucian

Mencuci baju dalam jumlah terlalu banyak menjadikan hasil cucian tidak bersih maksimal. Hal ini berpotensi meninggalkan kotoran di baju putih yang kamu cuci. Alhasil, noda akan tetap menempel dan tentunya dapat menjadikannya kusam.

8. Setrika Baju dengan Suhu Rendah

Langkah tepat untuk menyetrika baju putih adalah mengikuti instruksi pada label yang menempel. Umumnya, kamu harus menghindari menyetrika baju putih dengan suhu tinggi karena dapat merusak warnanya bahkan serat bajunya.

Oleh karena itu, setrikalah baju putih dengan suhu rendah atau sedang demi keamanan serat dan warna baju. Nah, itulah beberapa cara merawat baju putih agar bersih, jadi untuk kedepanya kamu tidak perlu bingung lagi.

Membahas tentang baju dan jika kamu mencari konveksi kaos berkualitas adan terpercaya kamu bisa menggunakan jasa cetak kaos jogja, disana kamu akan menemukan kaos berkualitas dan tentunya awet dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *