Categories Uncategorized

Cara Mencuci Baju Agar Tidak Berbulu dengan Efektif

Cara mencuci baju agar tidak berbulu, kondisi kain berbulu merupakan proses alami yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kualitas kain, pemakaian kain, adanya gesekan pada kain, cara mencuci dan lain-lain.

Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat kain dengan baik agar dapat mencegah kain berbulu sehingga penggunannya jauh lebih lama atau awet.

itulah pembahasan singkat cara agar baju tidak berbulu. Tetapi kamu juga harus mengetahui lebih luas cara merawat baju agar tidak berbulu yang tentunya kamu belum terlalu tau.

Berikut Cara Mencuci Baju Agar Tidak Berbulu!

1. Mencuci Baju Secara Manual

Untuk baju milikmu yang dicurigai akan berbulu, paling baik dicuci dengan tangan. Sebab, tangan kita adalah mesin cuci paling lembut. Tapi, kalau ingin menggunakan mesin cuci, gunakkan siklus pencucian paling lembut.

Tingkat agitasi yang lebih rendah dan siklus pencucian yang lebih pendek seharusnya, lebih mencegah banyaknya gumpalan bulu terbentuk. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan tas jaring untuk mesin cuci.

2. Sortir Sebelum Mencuci Baju

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menyortir pakaian menurut warna dan jenis kain untuk mencegah kain yang lebih berat terkelupas atau merusak kain yang lebih ringan.

Sebagai contoh dari kegiatan ini, Kamu dapat menghindari mencuci kain penghasil serat seperti kain terry dengan pakaian kamu yang lain. Jika ada serat kain yang rusak pada sesuatu seperti poliester, serat dari kain terry akan menempel erat pada permukaan poliester tersebut.

Selain itu, pastikan untuk mengencangkan resleting, kancing, atau pengait karena permukaan yang keras dan, terkadang, tajam ini dapat menyebabkan lebih banyak abrasi dan serat akan menggumpal.

3. Balik Baju Saat Akan Mencuci

Ingatlah untuk membalikkan pakaian kamu sebelum mencucinya. Jika pakaian dalam keadaan terbalik saat dicuci, gumpalan apa pun yang terbentuk akan berada di bagian dalam pakaian dan karenanya, tidak akan terlihat saat kita memakainya.

Baca Juga: Cara mencuci kaos agar tidak luntur

4. Mesin Cuci Jangan Kelebihan Beban

Selanjutnya, pastikan mesin cuci kamu tidak kelebihan beban. Jika masing-masing pakaian tidak dapat bergerak dengan mudah di dalam mesin, pakaian tersebut akan saling bergesekan sehingga menyebabkan lebih banyak gesekan dan lebih banyak menciptakan gumpalan bulu pada sweater.

5. Pakai Detergen Cair Saat Mencuci Baju

Pakailah deterjen cair yang lembut, hindari deterjen bubuk karena menyebabkan lebih banyak abrasi, dan hindari bahan kimia atau pemutih yang keras karena dapat memecah serat dan menyebabkan lebih banyak gumpalan.

Beberapa penelti akan menganjurkan kamu untuk menggunakan detergen yang mengandung enzim selulase. Meskipun enzim ini akan membantu memecah bulu pada beberapa kain seperti kapas (itulah sebabnya dipakai oleh industri tekstil), enzim ini juga dapat memakan serat alami lainnya seperti linen dan sutra, jadi sebaiknya kamu menghindarinya.

Metode populer lainnya yang akan kami hindari adalah memakai pelembut kain komersial.

6. Hindari Pengering Pakaian

Kembali ke tips yang lebih bermanfaat untuk baju, hindari pengering pakaian. Kamu bisa mengeringkan pakaian rajutan di permukaan datar. Jika memakai pengering, singkirkan barang-barang halus sesegera mungkin untuk mengurangi abrasi dari kain lain.

Kamu dapat memasukkan semuanya ke dalam pengering selama lima hingga sepuluh menit hanya untuk menghilangkan beberapa kerutan, tetapi kami tidak menyarankan untuk melakukannya lebih lama dari itu.

Sebenarnya mudah bukan merawat baju agar tidak berbulu! Kamu hanya perlu mengetahui cara merawatnya dengan baik dan benar. mari kita jadikan kegiatan merawat baju jadi kegiatan yang menyenangkan.

Membahas tentang kaos sablon sepertinya kamu juga membutuhkan kaos yang bagus dan berkualitas tentunya, kamu bisa menggunakan jasa cetak kaos jogja, di tempat cetak kaos jogja kamu akan menemukan sablon dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *