Categories Bisnis

Jangan Sampai Kaos Kesayanganmu Rusak! Inilah Cara Merawat Sablon Karet dengan Tepat

Hampir semua orang pasti memiliki kaos dengan detail sablon. Belakangan ini banyak sekali produk kaos sablon yang menggunakan bahan karet. Karena hasil sablon yang akan lebih timbul, membuat sablon akan lebih memikat dan banyak menjadi pilihan banyak orang. Begitu juga dengan kaos anak-anak yang mempunyai beragam motif dan lucu-lucu sehingga membuat kaos sablon menjadi pilihan yang paling diminati oleh anak-anak. Tapi, kaos sablon berbahan karet ini mempunyai bahan yang kurat awet dan juga mudah rusak. Hal itu disebabkan karena cara perawatannya yang salah. Eh tapi tenang aja sahabat! Ada lho cara khusus untuk merawat kaos sablon berbahan karet ini agar tetap bagus. Penasaran? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Baca Juga: Cara Merawat Sablon DTF Agar Tahan Lama.

 

Cara Merawat Sablon Karet

1. Cara Mencuci

Saat kamu mulai melakukan pencucian sebenarnya bagian ini tidak terlalu rumit. Kamu bisa mencucinya sama dengan mencuci pakaian yang lain. Tapi kamu jangan merendam terlalu lama ya! Karena detergen bisa merusak bagian sablon yang ada di kaos kamu. Hal yang sangat penting dalam mencuci sablon yaitu jangan biarkan letak sablon bersinggungan dengan permukaan karena akan menyebabkan gesekan yang nantinya bisa merusak sablon.

2. Cara Menjemur

Nah, ketika kamu ingin menjemur kaos sablon, hal utama yang harus diperhatikan yaitu panas matahari. Jika letak sablonan hanya pada satu sisi, maka kamu bisa mengakalinya dengan membiarkan sisi yang tidak terdapat sablon berada di luar dan terkena paparan sinar matahari. Cara ini juga untuk menghindari sablon bersentuhan atau lengket dan membuat sablon kamu rusak.

3. Cara Menyetrika

Dalam merawat kaos sablon, ada masalah yang paling sering muncul yaitu saat menyetrika. Panas pada setrika menjadikan salah satu alasan yang mendasar dari masalah tersebut. Nah, ada nih cara efektif untuk menyetrika kaos sablon yaitu dengan melapisi kaos bersablon dengan kain sehingga permukaan setrika tidak menyentuh sablon secara langsung. Atur juga posisi lipatan kaos agar tidak lengket saat mempertemukan sisi si gambar sablon.

4. Cara Menyimpan

Kamu saat mau menyimpan kaos sablon sebaiknya jangan menumpuknya dengan kaos sablon yang lain secara berurutan. Karena ketika sisi lain sablon akan saling bertemu, maka kaos kamu akan lengket dan sulit untuk dilepaskan. Hal ini tentunya bisa merusak kaos sablon kamu.

Nah itu tadi cara merawat sablon karet agar tidak mudah rusak dan pecah. Nah sekarang kamu juga harus mengetahui tentang keunggulan sablon yang berbahan dasar karet ini.

 

Keunggulan Sablon Karet

1. Awet dan Tidak Mudah Luntur

Secara kualitas, sablon yang berbahan dasar melekat dengan erat dan juga tidak mudah luntur jika digunakan karena terbuat dari karet. Jadi memang secara kualitas pun sablon yang berbahan dasar karet tidak menimbulkan banyak kekhawatiran untuk digunakan dalam pakaian sehari-hari.

2. Air Unsur Penting

Basis dari sablon ini selain karet ada juga air. Air pada sablon ini membuat tinta yang dihasilkannya pun baik dicampurkannya dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih kaya. Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan pada tinta yang berbasis minyak.

3. Biaya yang Lebih Murah

Tidak seperti sablon plastisol yang eksklusif, sablon ini yang kualitasnya hanya berbeda sedikit dengan sablon plastisol memilih harga yang lebih terjangkau. Anda yang ingin menghasilkan kaos dengan harga terjangkau, lebih baik menggunakan jenis sablon dengan jenis ini.

Nah itu tadi adalah pembahasan tentang cara merawat sablon karet dan keunggulannya. Kamu juga bisa mencetak kaos sablon kamu di jasa cetak kaos jogja yang memiliki hasil cetakan dengan yang kualitas tinggi. Semoga cara merawat tadi menjadikan referensi atau panduan bagi teman-teman semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *